Tanoto Foundation Jambi Gelar Sharing Session dengan tema Literasi dan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka




Kota Jambi – Tanoto Foundation Jambi kembali menggelar Sharing Session dengan tema Literasi dan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka, Kamis (17/11).


Kegiatan berlangsung melalui Zoom Meeting ini, diikuti oleh Fasilitator Daerah Tanoto Foundation dan guru dari Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Tebo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi.


Training Spesialist Tanoto Foundation, Fitria Hima Mahligai, yang menjadi narasumber mengatakan latar belakang dipilihnya topik ini untuk dibahas karena sejak diberlakukan Kurikulum Merdeka, pengukuran capaian hasil belajar siswa difokuskan pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter. 


“Sekarang tidak ada ujian nasional, sebagai gantinya kita menggunakan asesmen nasional untuk mengukur kemampuan literasi, numerasi dan karakter siswa. Asesmen nasional lebih difokuskan pada pengukuran daya nalar, bukan sekedar pengetahuan konten atau materi pelajaran saja. Tingkat daya nalar berhubungan dengan kemampuan literasi dan numerasinya”jelasnya.


Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi  menyampaikan kegiatan sharing session ini merupakan seri berbagi informasi dan pengalaman serta menambah ilmu pengetahuan kita. 


“ Terkait literasi dan numerasi banyak yang masih memahami bahwa literasi itu adalah membaca dan numerasi matematika, melalui kegiatan ini kita akan mendapat penjelasan arti sebenarnya literasi dan numerasi,” tutur Medi.