Safari Ramadhan di Lambur I Tanjab Timur, Pemkab Tanjab Timur Memberikan Sejumlah Bantuan

 


Teritis.id, MUARASABAK - Pemkab Tanjab Timur menggelar safari ramadhan kedua, yang bertempat di Desa Lambur I, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjab Timur, Selasa 28 Maret 2023.


Dalam kegiatan tersebut yang bertempat di Masjid Jami' Nurul Hidayah Desa Lambur I, kedatangan Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto beserta beberapa orang Kepala OPD itu disambut langsung oleh Camat Muara Sabak Timur M. Darohim, Kades Lambur I Agus Warsidi serta unsur Forkopimcam dan tokoh agama desa setempat.

Usai menyapa masyarakat setempat, Romi kemudian melanjutkan dengan menyampaikan kata sambutannya. Dimana, dirinya menghaturkan permohonan maaf kepada masyarakat, jika apa yang sudah dilakukannya selama ini untuk kabupaten dan masyarakatnya, masih dirasa belum maksimal.

"Saya selaku bupati menyadari, jika masih banyak keinginan masyarakat yang belum bisa terpenuhi. Perlu saya sampaikan, ini semua bukan niat kami selaku pemimpin. Akan tetapi semua karena keterbatasan anggaran yang ada," ucapnya.

Selama ini, dirinya bersama Wakil Bupati serta instansi terkait telah berjuang bersama-sama untuk memberikan pelayanan yang maksimal demi kenyamanan serta kebahagiaan masyarakat.

"Ya, kita ketahui bersama lah, kebutuhan utama kita adalah infrastruktur. Namun secara bertahap kami akan lakukan pembangunan. Salah satu contoh jalan yang selama ini membuat kemacetan telah mulai dikerjakan. Semoga nantinya tidak menimbulkan kemacetan kembali," ujarnya.

Bupati Romi pun menuturkan, masyarakat hendaknya harus bisa memahami terkait kewenangan jalan yang ada di Kabupaten Tanjab Timur. Dimana, ada jalan kewenangan Provinsi dan kewenangan Kabupaten.

"Untuk ruas jalan utama Sabak-Berbak, itu merupakan jalan kewenangan Provinsi. Untuk itu, saya meminta kepada Kadis PUPR kami, dalam waktu dekat agar bisa memasang plang informasi di setiap jalan, sesuai dengan kewenangannya," tuturnya.

Kemudian, Romi berpesan, memasuki masa transisi dari musim hujan ke musim panas, masyarakat diminta untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.  

"Tolong kepala Lurah, Kades dan Camat perhatikan wilayah masing-masing. Unsur Forkopimcam harus aktif memberikan sosialisasi Karhutla ini ke masyarakatnya," himbaunya.

Sementara itu Camat Sabak Timur, M. Darohim, saat diwawancarai terkait kegiatan ini, mengucapkan terima kasih kepada rombongan safari ramadhan Pemkab Tanjab Timur di desa nya. 

Pihaknya mewakili masyarkat merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin Kabupaten Tanjab Timur yang telah berusaha memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat.

"Ini adalah momen spesial, dimana masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan bupati, dan mereka menyampaikan keluh kesah yang mereka alami selama ini. Terutama terkait infrastruktur jalan dan lain sebagainya," ucapnya.

Hal yang sedana juga di utarakan oleh Kades Lambur I, Agus Warsidi, dimana dirinya mengatakan, kedatangan rombongan safari ramadhan Pemkab ke Masjid Jami' Nurul Hidayah tepatnya di Desa lambur satu ini merupakan suatu penyemangat selaku aparat desa. 

"Dalam kegiatan ini, kami juga bisa menyampaikan keperluan untuk lokasi masjid kami ini, yaitu terkait ketersediaan sumur bor. Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Pak Bupati beserta rombongan ke desa kami ini," sebutnya.

Untuk diketahui selain kegiatan safari Ramadhan, Pemkab Tanjab Timur juga memberikan bantuan syiar islam berupa al-quran sebanyak 200 buah, bantuan insentif guru ngaji sebesar Rp 19.250.000 untuk 77 orang, bantuan konsumtif PHTT Korwil pendidikan sebesar Rp 41.250.000 untuk 165 orang, bantuan konsumtif PHTT Kantor Camat sebesar Rp 9.750.000 untuk 39 orang, bantuan konsumtif PHTT Puskesmas Muara Sabak Timur sebesar Rp 7.500.000 untuk 330 orang, bantuan konsumtif PHTT Puskesmas Lambur Rp 6.500.000 untuk 26 orang, bantuan konsumtif Puskesmas Simbur Naik Rp 4.250.000 untuk 17 orang. 

Selain itu, ada pula pemberian bantuan masjid Rp 12.000.000 untuk satu masjid, bantuan intensif guru agama melalui pondok pesantren sebesar Rp 11.000.000 untuk lima pondok pesantren, bantuan konsumtif melalui pondok pesantren berupa lima paket sembako sebesar Rp 2.038.750, bantuan ambal sebanyak 4 gulung, bantuan untuk korban kebakaran dan bantuan korban angin puting beliung. (adv/hrd)