Safari Ramadhan Pemkab Tanjab Timur di Kuala Jambi, Pihak Kecamatan Berharap Wilayahnya Bisa Menjadi Lokasi Wisata Religi


 Teritis.id, MUARASABAK - Melanjutkan kegiatan safari ramadhan Pemkab Tanjab Timur, Kecamatan Kuala Jambi dipilih untuk menjadi lokasi kegiatan keagamaan ini untuk yang keempat, Kamis 30 Maret 2023.


Ada yang spesial dalam kegiatan kali ini. Dimana, tiga pejabat tinggi Pemkab Tanjab Timur, yakni Bupati H. Romi Hariyanto SE, Wakil Bupati H. Robby Nahliyansyah SH dan Sekda Sapril S.IP, secara bersamaan hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Assa'adah, Desa Teluk Majelis ini.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Kuala Jambi Taufiq Kurniawan S.STP, Kades Teluk Majelis Abdul Fatah, perwakilan Kepala OPD, unsur Forkopimda dan Forkopimcam, tokoh agama serta masyarakat sekitar.

Mengawali kegiatan ini, Camat Kuala Jambi dalam sambutannya memaparkan beberapa hal. Seperti, keinginan pihak kecamatan dan masyarakat agar adanya pelebaran di ruas jalan masuk menuju Desa Teluk Majelis.

Kemudian Taufiq menuturkan, di Desa Teluk Majelis terdapat makam salah satu ulama besar, yakni Syekh Arifin. Makam tersebut belum pernah dipugar, dan dari hasil berkoordinasi pihak kecamatan dengan pihak BPCB. Mereka meminta agar, situs atau makam itu harus ditetapkan sebagai warisan cagar budaya oleh Pemkab Tanjab Timur.

"Hasil rembuk kami bersama tokoh agama di sini, sekiranya lokasi makam Syekh Arifin bisa ditetapkan menjadi warisan cagar budaya. Agar kami bisa melanjutkan proposal kami ke BPCB, dan bisa mewujudkan mimpi besar kami, untuk menjadi wilayah ini menjadi lokasi wisata religi," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Romi dalam sambutannya mengatakan, dari beberapa kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Tanjab Timur, antusias masyarakat Kecamatan Kuala Jambi sangat tinggi. Ini terlihat dari ramainya jamaah yang hadir di Masjid Assa'adah tersebut.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan orang tua kami yang ada di seluruh wilayah di kabupaten ini, sehingga kami bisa memimpin kabupaten ini dengan baik. Meski masih banyak kekurangan yang belum bisa sepenuhnya kami penuhi," ucapnya.

Terkait pelebaran jalan menuju Desa Teluk Majelis, Bupati Romi meminta, agar pihak kecamatan dan desa bisa memastikan betul terkait pembebasan lahan masyarakat di sisi kanan kiri jalan tersebut. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

"Untuk penetapan warisan cagar budaya makam Syekh Arifin, hal itu akan kita bantu untuk mewujudkannya dan akan kita bahas bersama dengan instansi terkait untuk prosesnya," ujarnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada korban angin puting beliung, bantuan ambal kepada pengurus masjid, bantuan Al-Quran, insentif untuk PHTT kecamatan, Puskesmas dan Korwil Pendidikan.

Selanjutnya, kegiatan buka puasa bersama dengan masyarakat, Shalat Maghrib berjamaah, makan bersama, Shalat Isya' dan Tarawih bersama di Masjid Assa'adah Desa Teluk Majelis. (hrd)