Wabub Bakhtiar : Pentingnya Menggali Sejarah dan Melestarikan Sejarah

 


Batanghari- Sejarah peradaban manusia, para ahli seringkali melihat pola peristiwa yang terus berulang kali muncul karena penyebab yang sama.Dan pemerintah punya peran penting dalam mengenali sejarah kepada masyarakat melalui berbagi kegiatan.



Di Kabupaten Batanghari, pemerintah setempat mengelar giat dialog Kesejarahan yang di fasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari.



Giat dialog Kesejarahan ini dihadiri oleh para kepala sekolah (Kepsek)n  guru dan juga penggiat sejarah budaya, yang juga di ikut sertakan Ketua Lembaga Adat Kabupaten Batanghari Fathuddin Abdi, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jambi Kristato, Perwakilan Balai Pelestarian Budaya Kepulauan Riau, Sasangka Adi Nugraha, serta Kadisdikbud Kabupaten Batanghari, Zulfadli dan Kabid Sejarah Budaya Dr. Rofik.



Wakil Bupati Batanghari, H Bakhtiar SP dalam sambutannya menjelaskan tentang betapa pentingnya kita semua mempunyai insiasi untuk menggali sejarah serta melestarikan sejarah itu sendiri.



"Kita tahu,  bahwa sejarah adalah catatan suatu peristiwa di masa lampau, namun tidak bisa dilepaskan begitu saja dalam kehidupan masa sekarang serta menjadi perpekstif masa depan," kata Wabup.



Artinya, sejarah masa lalu, adalah suatu momentum yang sangat mendasar bagi perkembangan kehidupan manusia di masa sekarang, dan lanjut.



Dikatakan Wabup Bakhtiar, seperti Pasar Muara Tembesi. Pasar Lamo yang berada di pinggiran Sungai Batanghari adalah simbol perdagangan rempah yang sangat ramai pada abad ke-18.