Jawaban Eksekutif Atas Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Terkait LKPJ Kepala Daerah TA 2022

 


Teritis.id, MUARASABAK - Setelah sebelumnya DPRD Tanjab Timur telah menggelar rapat Paripurna masa persidangan ke II tahun 2022-2023 dengan agenda penyampaian nota pengantar LKPJ Bupati TA 2022 dan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap LKPJ Bupati TA 2022, yakni pada tanggal 27-28 Maret 2023, kini rapat Paripurna dengan agenda penyampaian tanggapan Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD kembali digelar, Rabu 29 Maret 2023.


Kegiatan ini sendiri dipimpin oleh Ketua DPRD Tanjab Timur, Mahrup, yang didampingi oleh Wakil Ketua I, Saidina Hamzah, Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto, serta dihadiri oleh anggota dewan DPRD Tanjab Timur, perwakilan kepala OPD dan unsur Forkopimda lainnya.

Dalam jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas nota pengantar LKPJ kepala daerah TA 2022 yang dibacakan, Romi Hariyanto, menyebutkan, atas nama Pemkab Tanjab Timur, dirinya mengucapkan terima kasih terhadap apresiasi dan penghargaan yang disampaikan fraksi-fraksi DPRD, terkait dengan penyampaian nota pengantar LKPJ dan kinerja Pemda.

"Keberhasilan tersebut sesungguhnya juga tidak terlepas dari kerjasama yang telah terjalin baik selama ini antara eksekutif dan legislatif, sesuai fungsi sebagai Legislasi, Budgeting dan Controlling," sebutnya.

Meski demikian, masih ada beberapa catatan penting yang harus direalisasi dan digempur oleh Pemkab Tanjab Timur kedepannya, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat atau kemajuan infrastruktur.

"Perhatian pembangunan infrastruktur kami kedepan diantaranya yaitu jalan dan jembatan sebagai akses antar daerah, hingga sentra perekonomian masyarakat," ucapnya.

Selain itu, sebagai wilayah pesisir, sektor perikanan tentunya menjadi sasaran utama dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Sasaran untuk sektor perikanan adalah peningkatan laju pertumbuhan PDRB Sub sektor perikanan, dengan capaian tahun 2022 sebesar 3,37 persen, dari target 2,96 persen.

"Harapan agar pemerintah bisa menciptakan program-program bagi masyarakat di wilayah pesisir, telah kami laksanakan dan terus kami tingkatkan pada tahun selanjutnya," ujarnya. (adv/hrd)