Firdaus; Kenduri Swarnabhumi Wujud Ikhtiar Bersama Menjaga Kebersihan dan Kelestarian Sungai Batanghari

 


Teritis.id, Muarojambi - Ribuan masyarakat memadati lokasi kegiatan Kenduri Swarnabhumi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Hadir ditengah masyarakat Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, Pj Bupati Muaro Jambi, serta tim dari Kementerian.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Guci Emas Kecamatan Jaluko ini merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. 

Pada kegiatan ini, Wakil Gubernur Jambi menelusuri sungai Muaro Pijoan dengan menggunakan perahu ketek. Disana mereka melihat kondisi sungai yang ada disana.

Kenduri Swarnabhumi tahun 2023 ini merupakan kelanjutan dari program kenduri Swarnabhumi tahun 2022 lalu, yang bertujuan untuk menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu dan sejarah peradaban kerajaan melayu di Daerah Aliran Sungai (DAS) batanghari, dan juga melalui festival Bebiduk Besamo ini kita sama sama sepakat untuk merawat dan menjaga sungai batanghari lebih baik lagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus menyebut, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan sebagai wujud ikhtiar bersama untuk lebih sinergis lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai batanghari. 

"Melalui pendekatan budaya dan sejarah, bahwa keberadaan sungai batanghari mengandung peradaban panjang yang sarat dengan berbagai kearifan," kata Firdaus.(zan)